Manfaat Buah dengan Bau Tidak Sedap, Mengkudu

Manfaat Buah dengan Bau Tidak Sedap, Mengkudu - Kamu tahu buah mengkudu? Ya buah yang sering kali dihindari ini karena memiliki bentuk dan aroma yang kurang sedap mungkin banyak ditemukan di sekitar rumah kita. Hanya saja kita yang kurang memanfaatkannya dan hanya menganggap sebagai tanaman biasa. Namun, ternyata dibalik semua itu buah mengkudu sejak dahulu dikenal memiliki khasiat yang baik untuk kesehatan loh.


Buah mengkudu sebenarnya mengandung banyak sekali gizi yang dibutuhkan oleh tubuh. Didalam satu buah mengkudu terdapat gizi yang sudah lengkap dan dibutuhkan oleh tubuh dalam jumlah yang cukup. Buah mengkudu mengandung protein, vitamin, serta mineral seperti selenium yang berperan sebagai antioksidan. 


Berdasarkan penelitian bahwa buah mengkudu tersebut sangat baik dikonsumsi setiap hari sebagai jus karena dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga tidak mudah terserang penyakit. Hal tersebut disebabkan karena selain mineral, buah mengkudu juga ternyata mengandung vitamin E dan koenzim yang diperlukan oleh tubuh. 

Selain itu di dalam buah mengkudu juga mengandung zat Terpenoid yang berguna membantu proses sintesis organic dan membantu dalam pemulihan sel- sel didalam tubuh. Namun, berbeda dengan sel kanker. Kandungan yang ada pada buah mengkudu tersebut justru akan melawan dan membunuh sel- sel kanker yang aktif sehinga buah ini juga dipercaya sebagai obat anti kanker.

Jika kamu mengalami luka dan dalam keadaan darurat, ternyata buah mengkudu dapat dijadikan sebagai obat pertolongan pertama karena didalam buah ini terdapat zat anti bakteri yang berperan sebagai anti infeksi sehingga membuat luka tetap menjadi steril dan juga mencegah serta melawan bakteri yang dapat membuat luka tersebut semakin infeksi dan parah.

 Kandungan senyawa antrakuinon dan skopoletin yanga ada di dalam buah mengkudu juga memiliki sifat anti bakteri, anti jamur, dan anti parasit yang membantu memelihara kesehatan kulit bahkan bila kamu memiliki kulit yang kering dan bersisik, penggunaan buah mengkudu ini sangatlah cocok karena buah mengkudu tersebut dapat melembabkan kulit dan juga akan cepat menghilangkan bekas luka yang ditinggalkannya.

Khasiat buah mengkudu yang utama yaitu sebagai pencegah dan mengobati penyakit jantung. Penyakit jantung tersebut memang dikenal sebagai penyakit yang sangat berbahaya dan dapat menjadi pembunuh no 1 oleh sebab itu penggunaan buah mengkudu sebagai obat herbal alami sangatlah dianjurkan. 

Hal tersebut dikarenakan buah mengkudu memiliki sifat anti inflamasi yang terdapat di dalam sari buahnya. Jadi dibalik bentuk dan aroma buah mengkudu yang kurang sedap tersebut ternyata banyak memiliki manfaat dibaliknya.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Manfaat Buah dengan Bau Tidak Sedap, Mengkudu"

Posting Komentar