10 Aturan atau Tips Sukses Yang Bisa Bitiru

Berdasar informasi dari The Washington Post diketahui bahwa orang yang sukses adalah orang yang mampu melakukan sesuatu yang tidak dilakukan oleh orang yang gagal. Adapun untuk mencapai itu semua ada persamaan dan bisa dibuat sebuah rumusan yang berlaku umum.


Adapun ada beberapa pihak yang bersedia melaksanakan semua aturan tersebut. Tapi ada juga yang hanya sebagian. Semakin ada banyak hal yang bisa dilakukan maka bisa dikatakan bahwa orang tersebut adalah yang telah siap untuk sukses.

Tak ada usaha atau bisnis besar tanpa yang kecil. Semua melalui proses, hanya saja prosesnya ada yang panjang dan ada yang pendek.

Berikut 10 aturan atau tips bisnis sukses yang bisa ditiru dari para pendahulunya :

1. Realistis

Mencoba usaha hendaknya dengan sikap yang realistis, dengan memperhatikan apa yang ada disekitar untuk kemudian diolah menjadi lahan bisnis. Mereka yang cermat melihat peluang adalah orang yang jenius.

2. Jangan ambil resiko sendiri

Ada baiknya dalam membangun usaha melibatkan orang lain atau partner. Selain berbagi resiko hal ini dapat memberikan masukan atau ide untuk bisa lebih berkembang. Bila kemungkinan terburuk bisnis tidak sesuai rencana maka kita tidak perlu stres sendiri.

3. Bekerja lebih keras

Bila yang lain rata-rata hanya bekerja 8 hingga 12 jam maka orang yang sukses pastinya akan bekerja lebih banyak daripada orang lain. Bila orang tersebut bekerja seperti orang kebanyakan maka hasilnya juga akan seperti orang kebanyakan.

4. Waktu adalah uang
Peribahasa ini telah berlaku sejak jaman dulu. Dimana setiap waktu yang digunakan bisa dikonversikan dengan nominal uang. Calon pebisnis sukses bisa dipastikan adalah orang-orang yang bisa menghargai waktu.

5. Gunakan karyawan dengan baik

Bila saatnya tiba atau usaha telah berkembang dan saatnya menggunakan karyawan maka ada baiknya mulai berfikir kualifikasi yang dibutuhkan. Tidak semua orang cerdas atau pandai itu bisa dijadikan karyawan jadi pilihlah karyawan yang baik dan pas.

6. Jual kelebihannya, bukan harganya

Strategi marketing yang berkembang beberapa tahun terakhir ini telah berubah. Bila dulu untuk mengambil keputusan didasarkan harga tapi kini lebih dicari kelebihan yang ada pada produk. Bila pelanggan suka berapapun harganya ia tetap tidak akan beralih ke kompetitor.

7. Pahami dasar-dasar bisnis

Pebisnia handal harus banyak membaca dan bertanya. Mencari informasi sebanyak-banyaknya akan memudahkan dalam proses pengambilan keputusan. Ingat bisnis adalah untuk rugi, jadi harus diperhatikan biaya yang harus dikeluarkan.

8. Gunakan teknologi terbaru

Bisnis harus mengikuti perkembangan jaman. Mereka yang tidak mengikuti perubahan terutama dalam hal penggunaan teknologi terbaru bisa dipastikan akan tertinggal dengan kompetitor yang senantiasa memperbarui teknologi mereka. Pilihlah teknologi yang murah tapi tidak murahan.

9. Beri servis terbaik

Saat ini bila ingin sukses dalam bisnis apapun yang bisa di modifikasi paling mudah dan murah adalah servis atau pelayanan. Bagaimana bisa memberikan servis yang jauh lebih baik daripada yang lain sehingga tidak akan kehilangan mitra entah itu supplier atau customer.

10. Menjadi yang terbaik

Hal terakhir ini menjadi yang paling susah karena bisnis harus lebih baik daripada yang lain. Harus sering melakukan riset untuk menjawab kebutuhan pasar. Lakukan segala sesuatu dengan sepenuh hati. Jangan pernah setengah-setengah dalam melangkah karena hal tersebut biasanya akan menjadi batu sandungan.

Ada baiknya setiap pebisnis juga memiliki role model. Tujuannya untuk mendorong bisnis bisa bersaing dengan yang lain. Selain itu bisa dijadikan tolak ukur keberhasilan.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "10 Aturan atau Tips Sukses Yang Bisa Bitiru"

Posting Komentar