Penyebab Asam Urat dan Makanan yang Harus Dipantang Penderitanya

Penyebab Asam Urat dan Makanan yang Harus Dipantang Penderitanya - Sudah tidak dapat dipungkiri lagi jika penyakit asam urat sekarang ini sudah menjadi penyakit umum yang sering diderita orang-orang di kisaran 30 tahun ke atas.  


Jangan sampai Anda meremehkan penyakit yang terkesan ringan tersebut. Pasalnya, jika sedang kambuh dan meradang, rasa sakit yang dialami sungguh tidak bisa dibayangkan betapa besarnya bagi orang yang menderitanya. Setiap orang yang mengalami asam urat pada umumnya merasakan gejala-gejala seperti : 
  • Terulang kali sendi terasa ngilu dan amat nyeri 
  • Sering merasa kesemutan dan juga bisa menyebabkan kebengkakan 
  • Organ tubuh yang diserang seperti tumit, lutut, jari kaki, jari tangan, siku, dan pergelangan tangan berwara kemerahan karena meradang 
  • Di pagi atau malam hari daerah persendian terasa nyeri 
  • Menyulitkan si penderita untuk bergerak jika penyakit asam uratnya sudah terlalu parah 
Ada banyak orang yang sering kali tidak merasakan gejala-gejala tersebut tetapi sudah divonis menderita asam urat. Sebab, mayoritas masyarakat hanya menganggap gejala-gejala yang dialaminya tersebut akibat dari kelelahan setelah beraktivitas atau karena terlalu lama berdiri dan duduk. 


Oleh sebab itu, supaya lebih mengetahui secara pasti apakah mengalami penyakit tersebut atau tidak, segeralah memeriksakan langsung ke laboratorium. Bahkan, sekarang ini juga sudah ada sejumlah apotek yang menyediakan layanan pemeriksaan asam urat sehingga tidak perlu merepotkan Anda untuk pergi ke rumah sakit. Perlu diketahui, kadar normalnya asam urat untuk perempuan adalah berkisar antara 2,6 hingga 6 mg/dl, sedangkan untuk laki-laki di kisaran 3,5 hingga 7 mg/dl.

Pada umumnya, orang yang menderita asam urat juga sering mengalami komplikasi dengan penyakit lainnya seperti diabetes, tekanan darah tinggi (hipertensi), dan juga penyakit ginjal. Di samping itu, orang yang mengalami obesitas atau kegemukan juga berpotensi mengidap penderita asam urat.

Jika penyakit tersebut tidak segera diobati maka dikhawatirkan dapat berkembang lebih kronis menjadi penyakit batu ginjal, sehingga pada akhirnya dapat menyebabkan gagal ginjal.

Penyebab asam urat yaitu terlalu banyak mengonsumsi makanan yang mengandung zat purin seperti daging merah, seafood, anggur, ragi, kacang-kacangan, coklat, dan berbagai jenis minuman seperti teh dan kopi. Dengan demikian, terlalu berlebihannya zat purin yang masuk ke dalam tubuh kita menyebabkan perubahan menjadi asam urat lewat metabolisme. 

Meningkatnya kadar asam urat di dalam tubuh dapat mengganggu kinerja ginjal sehingga tidak bisa membuang kelebihan asam urat tersebut. Maka dari itu, semakin banyak saja Kristal asam urat yang tertumpuk di sendi-sendi. Hal itulah yang akan mengakibatkan para penderitanya sering merasa sakit, ngilu, nyeri, panas, kaku, serta bagian tubuh yang diserangnya meradang dan membengkak. 

Bahkan, jika sudah masuk ke level yang amat parah, si penderita kesulitan untuk berjalan atau hanya sekedar untuk berdiri selama beberapa menit saja akibat tidak bisa menahan rasa sakit pada persendiannya. Tidak hanya sampai disitu saja, tetapi tulang yang terdapat di sekitar sendi pun bisa mengalami pengapuran dan pengeroposan.

Jika seseorang sudah mengalami penyakit asam urat, maka mereka harus menjaga pola makannya. Beberapa jenis makanan yang harus dipatang oleh penderitanya antara lain : 
  • Daging merah, seperti daging sapi, kelinci, rusa, kambing, kuda babi, bebek, dan unggas lainnya. 
  • Jeroan, seperti otak, ginjal, usus, babat, limpa, hati, dan paru. 
  • Makanan instant yang dikemas dalam bentuk kaleng, seperti sarden dan kornet 
  • Makanan laut (seafood), seperti kerang, bluefish, cumi-cumi, udang, sotong, remis, ikan teri, kepiting, halibut, makarel, tuna, dan herring. 
  • Makanan yang mengandung ekstrak daging, seperti dendeng dan abon. 
  • Buah-buahan seperti anggur, nanas, dan durian. 
  • Ragi, seperti tape dan makanan lain yang difermentasikan. 
  • Kacang-kacangan, seperti melinjo, kacang hijau, emping, kacang kedelai, dan kacang tanah. 
  • Aneka sayuran, seperti kangkung, kembang kol, asparagus, bayam, daun singkong, buncis, jamur kuping, dan daun pepaya. 
  • Makanan yang mengandung protein, seperti telur dan keju. 
  • Makanan yang bersantan. 

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Penyebab Asam Urat dan Makanan yang Harus Dipantang Penderitanya"

Posting Komentar